beauty in the dark part 7

Penolongku

Sesekali odi atau ibu meneleponku, anda sepertinya masih ngambek denganku.. Dasar tuh anak, manjanya nggak ketulungan kalo aku yang bilangin.. Akhirnya aku memutuskan untuk lebih sering menelepon rumah, walau dia tak mau berbicara padaku dan hanya berbicara disamping ibuku..

" halo ma "
" iya kak, kok tumben tlp ? nggak ada kuliah ?"
" lagi kosong ma, anda dirumah ma ?"
" iyaa dirumah nih, mau ngomong kakak ? "
" yaudah kasiin geh ma " Aku menunggu beberapa saat, dan benar saja..
" nggak mau dia kak, kakak dimana ini ?"
" yaudah lah, di kampus, lagi duduk ditaman. jadi mau masuk mana dia ma ?"
" mau masuk mana nda ?" ibu bertanya ke anda, yang dengan rengekan anak kecil dia menjawab " mau sama temen2 ma "
" ngapain pulak dia ngikutin temennya ? bilangin ma, nggak usah buat emosi kakak " aku mulai mengeraskan suaraku, yang kemungkinan didengar oleh anda. Dan sesuai perasaanku dia akan menangi. " udah, besok mama ke Pak Bar ajah, minta formulirnya. mama yang isi, dia mau nangis, mau apa terserah, kalo masih bandal juga, terserah dia mau apa, udah malas kakak bilangin baik2 kalo nggak bisa, disuruh yang bagus kok susah amat.. jangan nangis lagi disitu " aku mulai menegaskan suaraku. Sedikit ku dengar rengekannya ke ibuku.
" emook ma.. anda nggak mau maa.. bilangin lah ke kakak ma.. jangan marah2 gitu ma " dia merengek pelan dengan tangisnya, namun masih bisa ku dengar.
" masih bandal kau ?" Jika sudah terucap kata "kau" berarti aku memang sudah emosi walau nada suaraku tak tinggi " ya udah kalo kau masih bandal, terserah, kau urusi hidupmu sendiri ya, nggak usah kau ganggu mama, ayah atau kakak ya.. kalo kau bisa, terserah kau mau apa, kemana.. terserah mu " aku lebih menegaskan suaraku. Kudengar dia sedikit menangis, tapi ku biarkan saja " mama nggak usah rayu dia, biarkan ajah dia nangis, penyakit kok dicari sendiri " aku masih mengomel karena adikku yang satu ini memang susah dinasehati. Aku mencoba mencari bahasan lain ke ibuku, meninggalkan anda dengan isak tangisnya.
" diar gimana ma ? jadi masuk mana dia ?"
" masuk SMK kak, dia sekarang tinggi kak, jadi bisa masuk kesana "
" bagus lah, seenggaknya dia bakal gratis sekolah disana kalo nilainya bagus trus.. udah tau berapa biaya yang abis untuk awal ma ?"
" mungkin sekitar 800 kak, soalnya baju sama yg lainnya dari sana.."
" ada dananya ma ? "
" kalo diar ada kak, tapi kalo anda beneran ambil swasta.. mama bingung dana darimana " suara ibuku semakin melemah, dan aku yakin anda mendengarnya.
" udah nggak usah dipikirkan ma, kalo dia mau swasta kan dah kakak bilang.. biarkan dia urus dirinya sendiri, dikiranya swasta murah apa. biarkan ajah dia mau apa, tak usah mama pusing mikirkan dia, dia ajah tak mikirkan mama" aku mencoba menegaskan pada ibuku bahwa anda memang harus ditegasin sesekali.
" iya kak, diliat nanti.. mungkin dia mau berubah "
" syukur kalo dia mau, kalo nggak biarkan ajah.. yg diurusi bukan dia ajah.. masih banyak.. "
" sudah lah kak "
" abisnya sebel ma.. kok asek nangis ajah cuma digituin.. belom lagi direpetin sambil dibentak.. " Aku menghela nafasku " udahlah.. mama jaga kesehatan disana, salam sama semuanya ya ma.. nanti jangan lupa kabari diar n anda ya ma "
" iya kak, nanti mama sms apa tlp kakak lagi ya "
" iyaa.. maa.. "

Tlp pun terputus, aku masih dengan perasaan donggkol yang teramat sangat, namun aku putuskan untuk lebih menengakan diriku.. Anda sudah dewasa dan dia pasti bisa mengontrol sifat egonya walau terlambat.. dan TUHAN.. aku mohon padamu, berikanlah sedikit kedewasaan bagi anda..

------------
Tahun ajaran berganti.. Aku menginjak semester 3.. Hubunganku dengan tara baik-baik saja, dia seperti melenyapkan kejadian "taman angsa" dalam pembiacaraan kami dan dia tetap menganggapku ratu yang kuat.. Terimakasih tara..

Kondisi ayah sedikit membaik, namun tetap saja membutuhkan pengobatan.. Odi sudah naik kelas 2 di SMK nya dengan nilai yang biasa karena memang dia masih menjadi pembantu tulang punggung dikeluarga kami, Sementara Diar, dia sudah menetapkan SMK yang dia inginkan dan dia lulus tes dengan nilai yang bagus sama sepertiku, masuk kedalam 3 besar sehingga mendapat keringanan pembayaran awal dan ini membuatku/ibu bisa bernafas lega. Anda.. yaa.. dengan sifatnya yang keras kepala dan kekanak-kanakannya, dia akhirnya mau masuk ke Univ. Negeri melalui jalur prestasi dan berniat mencari beasiswa sama sepertiku, urusan berhasil atau tidaknya aku serahkan pada TUHAN, setidaknya.. kami lalui segala yang ada saat ini, karena ini merupakan jalan terbaik yan diberikan TUHAN, tinggal kita saja yang memilih jalan baik atau buruk.. dan aku masih memilih jalan baik, Idealisme yang akan aku patahkan..

Hidup keluargaku sedikit membaik, walau kadang pas-pasan dan kekurangan, tapi cinta kami selalu ada dan sayang kami tak pernah terganti.. Diar membutuhkan 500ribu untuk awal masuk sekolahnya, itu sedikit mengobati kekahwatiran ibuku, sementara anda, dia diterima di Univ. yang sama denganku.. Dan pokok permasalahan adalah biaya diawal masuk Univ... Dia membutuhkan sekitar 15jt diawal masuk Univ. nya.. itu biaya yang sudah aku minimalisir sekali dan masih tergolong besar bagi keluarga kami saat ini.. Mungkin bagi sebagian orang itu biaya yang wajar, tapi bagi kami itu biaya yang tak wajar.. Aku memutar otakku, aku harus bekerja keras bagaimana lagi.. Entahlah.. setidaknya aku berusaha mengumpulkan biaya sebanyak-banyaknya sebelum waktunya tiba..

---------------
Raza " BUZZ!!! " " sombong amat lu !" " dianggurin -.-a" " nih orangnye mane yeee ? " " ahh..dicuekin "
Aku melihat layar komputer yang aku tinggalkan untuk membuat mie instan, ternyata sudah banyak chat dari reza, ku cek hapeku, benar saja ada sms dan miscall darinya.. Nggak sabaran amat sih nih anak.
aku " uii.. nepe ? kangen ? "
reza " dari mane aje lu ? gue panggilin nggak nongol2 -.-a"
aku " masak mie.. mau ? "
reza " kagak.. abisin ajah buat lu.. wkwkwkwk ntar lu nggak kenyang kalo bagi ke gue, lukan porsi jumbo "
aku " sialan lu.. mentang2 gue semok.. awas lu naksir gue ya..wkwkwkwk"
reza " kebalik kali.. hahahahaa "
aku " diiih.. nih anak PeDenyaa.. mampus guee "
reza " jangan sampe mampus dong kalo ngefans guee.. hahahahaa"
aku " terserah lu.. mending makan mie deh "
reza " pelan2 yaa.. jangan rakus2 amat "
aku " iyelaah... "
reza " queen... "
aku " yaaa ? kenapa ?"
reza " gimana keluargamu, udah lama nggak cerita, kamu baik2 ajah kan ?"
aku " diiih.. pake kamu segala.. geli aah.. wkwkwkwk"
reza " -.-a yaudah.. gimana keluarga lu ? #dasarbawel"
aku " ya gitu lah "
reza " yang jelas queen.. duit lu masih ada kagak ?"
aku " lu kok gitu amat tanyanya za.."
reza " sorry queen.. abisnya kalo gue baik2 lu bilang sok imut, ya gue jadinya asal nyeplos deh.. sorry.. "
aku " maaf za.. nggak maksud lu mikir gitu.."
reza " trus ?"
aku " apanya ?"
reza " dana lu masih ada nggak ?"
aku " eh.. lu kok tiba2 tanya dana za ?"
reza " duuuh.. nih anak, gue jitak juga loh kalo deket.. bukannya adek lu pada mau masuk sekolah.. mala pake tanya lagi.. gue tampol juga lu lama2.."
aku " untung gue nggak dideket lu, bisa kena kasus penganiaan ntar.. wkwkwk.. iya pada mau masuk, duit gue belum cukup.. tapi nih maih kerja rodi lah demi mereka.."
reza " kerja apalagi lu ?"
aku " kemaren ambil tawaran nulis za, duitnya lumayan dari situ.. "
reza " tapi masih kurangkan ?"
aku " iya za.. "
reza " kurang berape ? jawab jujur "
aku " ogah.. lu bakal transfer gue nanti tiba2.. "
reza " kagak ape.. langsung gue transfer dalam 20jt aje kalo gitu .. no rek lu kan nggak bakal ganti.. soalnya bakal ribet ngurus ke kampusnya "
aku " sialan lu.. sempet lu transfer segitu, seumur hidup nggak bakal gue maafin "
reza " nggak masalah, lu nggak tau gue juga.. gue bakal transfer trus ke rekening lu.. kalo lu ganti no rek.. gue kirim ajah kealamat kampus lu.. banyak cara gue buat bantu lu walau lu nggak mau "
aku " stop lah za.. pliis.. gue nggak mau banyak utang .. lagian duit lu banyak amat.. kagak abis2 "
reza " gue kasih, bukan utang.. nah.. justru gue banyak duit makannya gue kasih lu.. dah.. berape ?"
aku " sialan lu.. enak banget main kasih2 duit.."
reza " udah berapa queen ?"
aku " anda butuh sekitar 15, gue baru ada 8.."
reza " oke.. "
aku " oke apa ?"
reza " gue dari tadi nungguin ini, sekarang mau bobok.. yang penting gue tau lu butuh berape.. dah queen "
aku " eh.. mala ditinggal molor.. sialan amat lu "
reza " udah.. cek ajah besok.. oke..jangan begadang "
aku " makasih za.. makasih banget T__T "
reza " nggak usah lebay.. udah ahh gue off beneran nih "

Pemberitahuan dia signout sudah terpampang dilayar chat kami.. dia beneran off.. Aku memutuskan melahap mie instanku dan mematika komputerku.. Selesai makan mie, aku berberes diri bersiap-siap tidur.. Kurebahkan badanku dan berpikir.. sampai kapan aku akan menggantungkan hidupku pada reza.. dia terlalu baik.. bahkan walau aku tak mengenalnya, tak pernah bertemu dengannya.. entahlah, dia penolongku..

------------
Hari ini, seperti biasa aku bergegas ke kampusku.. saat aku berjalan menyusuri jalan yang setiap hari aku lewati, hapeku bergetar, sms masuk, siapa ? sepagi ini ?..

" cek ya ratu manis " dari reza, dia sudah mentransfer ternyata.. dia selalu saja begitu.. sesampainya digerbang kampus, kuputuskan mampir ke atm untuk mengeceknya, kumasukan atm dan no pinku, kucoba cek saldoku.. gilaa.. seketika mataku terbelalak dan entah apa rasanya perasaanku.. bahagia atau sedih atau takutkah ini.. kulihat lagi.. ya dia menstransfer 2x lipat dari jumlah uang yang aku butuhkan.. Ini orang benar-benar sinting, mana ada orang yang segitu baiknya kasih uang ke aku.. nggak begitu kenal mala.. beneran sinting.. kuputuskan untuk meneleponnya, tapi tak diangkat.. akhirnya aku mengsms nya.

" gila lu.. banyak amat.. mana no rek lu.. gue balikin.. gue ambil yang gue butuh ajah " aku mengirim sms itu, tapi lama tak ada balasa.. setelah 10 menit hapeku bergetar.. kubuka..
" buat kebutuhan tak terduga nikmati ajah apa yang dikasih TUHAN dari gue nggak usah dibalas, kuliah ajah yang bener "

Aku hanya bisa menarik nafas panjang.. Bersyukur kepada TUHAN atas makhluk maya yang selalu baik dan membantuku, walau dia tak selamanya ada buatku.. tapi.. aku bersyukur kepada TUHAN bahwa dia ada walau tak tampak untukku.. dia perantara TUHAN untuk menolongku.. itulah yang selalu dia katakan padaku.. Rezaku..

 NEXT PART 8
Share:

Arsip Blog

Pengunjung

Blog Archive